8 Feb 2011

Gunung-gunung bersejarah di cina

Posted by Admin 16.06, under | No comments

1. Mount Huang (Provinsi Anhui)                                                                

                                                                                    
                                                                                                              
Mount Huang, juga dikenal sebagai Huangshan merupakan jajaran gunung di selatan Provinsi Anhui di Cina timur. Wilayah ini dikenal baik dengan pemandangannya, sunset, puncak gunung dengan bentuk yang khas granit, pohon cemara Huangshan, dan pemandangan awan dari atas. Mount Huang sering dijadikan subjek dari lukisan dan sastra tradisional Cina, seperti fotografi modern. Sekarang ini, Mount Huang merupakan organisasi UNESCO World Heritage Site dan salah satu tujuan utama wisatawan Cina. Mount Huang merupakan tujuan wisatawan yang umum di Cina, dengan sedikitnya 140 bagian, terbuka kepada pengunjung. Kaki gunung dihubungkan oleh rel ke Shanghai, dan juga dapat dicapai dari kota seperti Hangzhou dan Wuhu

2. Wuyi Mountains (Provinsi Fujian)


                                                                                          



                                                                                                                                                                                      
Wuyi Mountains merupakan jajaran gunung yang terletak di prefecture Nanping, di batasan utara Provinsi Fujian dengan Provinsi Jiangxi, Cina. Gunung dengan luas total sebesar 60 km². Pada tahun 1999, Mount Wuyi ditetapkan sebagai organisasi UNESCO World Heritage Site, baik kelaziman maupun kebudayaannya. Mount Wuyi merupakan zona konservasi keaneka-ragaman hayati dari Cina Tenggara yang paling luar biasa. Banyak macam teh dihasilkan di sekitar Mount Wuyi; yang asli dari kenyataan teh Da Hong Pao dan Lapsang souchong, lebih lanjut digambarkan di teh Wuyi. Jumlah pengunjung ke daerah ini sudah bertambah dari sekitar 424.000 pada tahun 1993 sampai 700.000 pada tahun 1998. Perjalanan memakai rakit ke Sungai Nine-bend adalah aktivitas yang paling populer yang diikuti dengan sebuah kunjungan ke gua “Thread of Sky”, di mana jalan setapak yang paling sempit, hanya 30cm. Akses pengunjung ke wilayah perlindungan hayati dikendalikan.

3. Mount Sanqing (Provinsi Jiangxi)



Mount Sanqing atau San Qing Mountain adalah Taoist Mountain termashur yang terletak 50 mil ke utara dari Yushan, Provinsi Jiangxi di Cina dengan pemandangan yang luar biasa. San Qing secara harfiah berarti ‘three distincts’ di bahasa Mandarin sebagai San Qing Mountatin, terdiri atas tiga puncak utama, yaitu: Yujing Mountain, Yushui Mountain dan Yuhua Mountain.

4. Mount Cangyan (Provinsi Hebei)


                                                                              
Mount Cangyan adalah wilayah yang permai di daerah Jingxing, Provinsi Hebei, Cina, terkenal dengan kombinasi dari pemandangan gunung yang alami dengan struktur buatan yang bersejarah. Terletak sekitar 50 kilometer di sebelah barat daya ibu kota propinsi Shijiazhuang dan dekat ke perbatasan dengan Provinsi Shanxi. Mount Cangyan mengarah ke timur dari jajaran Taihang Mountain, puncaknya yang paling tinggi mempunyai ketinggian 1.000 meter. Wilayah permai tercakup 63 kilometer persegi (180 kilometer persegi menurut hitungan lain). Ditumbuhin hutan pohon cemara dan pohon Kayu Cendana Biru (Pteroceltis tatarinowii). .

5. Wudang Mountains (Provinsi Hubei)

Wudang Mountains dikenal sebagai Wu Tang Shan atau sederhananya Wudang merupakan jajaran gunung kecil di bagian barat laut Provinsi Hubei di China, tepat ke sebelah selatan pembuatan kota Shiyan. Beberapa tahun yang lalu, gunung Wudang dikenal dengan biara-biara Taoist yang banyak ditemukan di sana, biara yang mana dikenal sebagai pusat akademis untuk penelitian, pengajaran dan praktek meditasi, sastra perang orang Cina, obat tradisional Cina, praktek pertanian Taoist dan sastra yang berhubungan. Sama awalnya dengan Eastern Han Dynasty (25220 M.), Wudang Mountains menarik perhatian maharaja.

6. Mount Tai (Provinsi Shandong)

Mount Tai adalah gunung bersejarah dan kebudayaan terletak di sebelah utara kota Tai’an, di Provinsi Shandong, Cina. Puncak yang paling tinggi adalah Emperor Jade Peak, yang secara umum ditentukan tingginya 1545 meter (5069 ft), tetapi oleh pemerintah Cina tingginya 1532,7 meter (5028,5 ft). Mount Tai merupakan salah satu di antara “Lima Gunung Sakral”. Dihubungkan dengan matahari terbit, kelahiran, dan pembaruan, dan sering dipandang yang terkemuka dari kelimanya. Candi di atas lerengnya sudah menjadi tujuan bagi peziarah selama 3.000 tahun.

7. Mount Hua (Provinsi Shanxi)

Mount Hua atau Hua Shan terletak di Provinsi Shaanxi, sekitar 100 kilometer sebelah timur kota Xian, dekat kota Huayin di Cina. Mount Hua ialah satu dari “Chinas Five Sacred Taoist Mountains”, dan mempunyai sejarah panjang tentang agama. Mount Hua mempunyai lima puncak utama, di antaranya yang paling tinggi adalah South Peak pada 2160 m. Ada tiga cara untuk mencapai Huashan’s North Peak (1613 m), yang paling rendah di antara puncak gunung yang utama. Yang paling populer juga yaitu rute aslinya, yang mana berkelok-kelok sejauh 6 km dari desa Hua Shan ke sebelah utara puncak. Ada juga kereta gantung, sama baiknya dengan jalur yang mengikuti kereta gantung ke sebelah utara puncak.

8. Hengshan National Park (Provinsi Shanxi)

Heng Shan atau Heng Mountain di Provinsi Shanxi adalah satu di antara “Five Sacred Mountains of Taoism”. Di 2.017 m, satu di antara lima puncak yang paling tinggi di China Proper. Heng Shan di Provinsi Shanxi kadang-kadang dikenal sebagai the Northern Heng Shan, dan di Provinsi Hunan sebagai Southern Heng Shan. Keduanya mempunyai panggilan yang sama di Cina, maupun Southern Heng Shan juga merupakan satu di antara Five Sacred Mountains. Selama zaman Dinasti Han, candi the Shrine of the Northern Peak (Beiyue Miao), didedikasikan sebagai dewa gunung, dibangun di atas lereng Hengshan. Sedangkan pada waktu-waktu tertentu hancur dan dibangun kembali, candi ini mempunyai sejarah yang tak terputus dari zaman Han sampai masa kini. Selama masa pekerjaan orang cina non-Han, dilakukan pemujaan kepada Hengshan di Beiyue Temple di Quyang.

9. Emeishan National Park (Provinsi Sichuane)

Mount Emei adalah salah satu gunung tertinggi Cina yang terletak di Leshan, Provinsi Sichuan, Cina. Gunung ini memiliki banyak ragam spesies tanaman dan banyak rata-rata berusia lebih dari 1.000 tahun. Terdapat empat tempat utama tujuan wisata yaitu, Kuil Baoguo, Kuil Wannian, Pavilun Qingyin dan Puncak Emas. Puncak emas adalah puncak tertinggi Gunung Emei dengan ketinggian 3079 m di atas permukaan laut. Gunung ini dikenal sebagai salah satu dari tempat suci Agama Buddha karena pembangunan kuil Buddha pertama di Tiongkok pada abad 1 masehi. Salah satu tempat terkenal adalah Buddha Raksasa Leshan. Buddha Raksasa Leshan adalah patung Buddha Maitreya yang juga adalah patung Buddha terbesar di dunia.

10. Mount Jiuhua (Provinsi Anhui)

Mount Jiuhua merupakan satu di antara empat gunung sakral orang cina buddha. Terletak di daerah Qingyang di Provinsi Anhui dan terkenal dengan pemandangannya yang indah dan candi kunonya. Banyak tempat suci gunung dan candi didedikasikan untuk Ksitigarbha, yang bodhisattva dan pelindung jiwa di neraka menurut tradisi Buddha Mahayana. Orang Budha saleh sering datang ke atraksi yang terkenal ini di Anhui untuk mendaki puncak Greater Tiantai, yang dianggap sebagai puncak yang paling penting Jiuhuashans, walaupun tidak yang paling tinggi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Blog Archive

Blog Archive